14 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Pada abad 21 saat ini, kita semua sudah memasuki era 4.0 dimana generasi millenial telah mengunakan internet sebagai kebutuhan pokok hidupnya.
Saat ini wabah internet sudah memasuki segala aspek kehidupan kita. Banyak orang sudah beralih untuk mendapatkan uang dari internet.
Pada blog kali ini, saya akan berbagi ilmu mengenai cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula yang bisa dilakukan dimana saja. Beberapa cara nya adalah :


1. Membuat konten Youtube

Di era milenial ini, hampir semua orang sudah mengenal Youtube. YouTube merupakan situs web berbagi video paling populer dimana pengguna dapat memuat, menonton maupun berbagi video secara gratis. Melalui YouTube kita bisa menghasilkan uang dengan YouTube adsense, atau yang lebih kita kenal dengan iklan basis video yang sering muncul di konten yang kita tonton.
Statistik menunjukkan bahwa di seluruh dunia ada lebih dari 1.3 miliar pengguna Youtube dengan 300 jam total video yang diunggah setiap menitnya dan 5 miliar video ditonton setiap harinya.
Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube?Pengguna YouTube atau YouTuber ini umumnya akan membuat konten video untuk diupload ke situs YouTube. Apabila video pengguna banyak penonton (viewer), memiliki banyak subscriber (pengikut), dan memenuhi kententuan beserta syarat mendapatkan YouTube Adsense, maka Youtuber bisa menghasilkan uang dari iklan yang ditayangkan pada konten video kalian.Selain dari Youtube Adsense, Youtuber juga bisa menghasilkan uang dari sponsorship yang bekerja sama dengan pemilik channel.
Saat ini di Indonesia sudah banyak orang yang bisa menghasilkan uang dan menjadi kaya raya karena YouTube.
Contoh :

  • Atta Halilintar (YouTuber dengan jumlah subscriber terbanyak se Asia Tenggara memiliki penghasilan Rp 633 juta hingga Rp 10,1 miliar per bulannya)
  • RANS Entertainment (Channel YouTube milik keluarga selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dengan penghasilan Rp 493 juta hingga Rp 7 miliar setiap bulan)
  • Ricis Official (Youtube milik Ria Ricis yang menghasilkan Rp 363 juta hingga Rp 5,8 miliar setiap bulannya)
  • dsb

2. Instagram

Instagram atau yang sering kita sebut IG ini adalah jejaring sosial nomer 1 yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto ataupun videonya dalam sebuah aplikasi. Instagram memiliki fitur dan cara penggunaan yang lebih mudah dan efisien dibandingkan Youtube. Hanya dengan mengumpulkan banyak pengikut (followers) dan like, seseorang sudah bisa menjadi terkenal dan menjadi kaya.
Lantas bagaimana cara mendapatkan uang dari instagram?Sama seperti Youtube, user mendapatkan uang dari sponsorship dan endorsement. Semakin terkenal maka akan semakin banyak sponsor dan semakin tinggi tarif endorse (promosi barang maupun jasa).Selain itu, pemilik online shop juga banyak yang memanfaatkan Instagram sebagai platform untuk berjualan produk maupun jasa nya.
Saat ini banyak sekali artis maupun selebgram (orang-orang yang populer di Instagram) yang menghasilkan uang dari Instagram.
Contohnya saja :

  • Dari kalangan artis tanah air, ada Gisel_la, RaffiNagita1717, ChelseaOliviaa, RubenOnsu yang memanfaatkan Instragram sebagai sarana promosi product jualan mereka dan mendapatkan uang dari endorse (jasa promosi) sesuai tarif yang ditentukan.
  • Selebgram yang mendapatkan uang dari jasa endorse mereka seperti : Awkarin, Anya Geraldine, Rachel Vennya, Nikitakusuma, Babymoonela, AnazSiantar, JessYamada, dsb.


3. Facebook Ads

Sama seperti Youtube dan Instagram, Facebook juga merupakan jejaring social media yang sering dimanfaatkan penggunanya untuk menghasilkan uang.
Jika anda sering menggunakan Facebook, anda pasti sering melihat advertisement yang sering muncul di laman facebook anda. Ads ataupun iklan yang disajikan biasanya menggunakan sistem CPM (Cost Per Impression yakni cost yang dikeluarkan untuk setiap 1000 impresi atau ukuran “keterlihatan” sebuah iklan).Angka bayaran akan berbeda-beda untuk setiap ads yang dikerjakan. Bukan hanya klien dari dalam negeri, bahkan pembuat ads yang bagus bisa mendapatkan dan bekerja sama dengan klien dari luar negeri.


4. Blogging

Blogging ataupun membuat situs website merupakan cara jitu untuk mendapatkan uang dari internet dengan mudah.Melalui blogging kita bisa mendapatkan uang melalui iklan, menjual barang sendiri, endorsement, menjual konten, dll.
Untuk membuat blog, kita bisa memanfatkan layanan blog gratis di internet. Contohnya dari situs : Blogger.com, WordPress.com, atau Wix.com .Atau bisa juga dengan modal sekitar Rp 500ribu untuk membeli domain dan hosting untuk membuat brand website supaya lebih mudah dikenal oleh pengunjung blog.
Agar blog maupun website bisa menghasilkan uang, tentunya diperlukan traffic dan konten yang baik agar situs bisa dibaca pengguna. Semakin tinggi traffic web seseorang, maka Google akan menawarkan kerja sama dengan pemilik konten untuk menayangkan iklan-iklan dari Google Adsense di web miliknya.
Contohnya saja situs web Detik.com yang bisa menghasilkan 120 miliar pertahun hanya dengan menjual banner ataupun sponsored post di lamannya.


5. Bisnis Online Shop

Dengan adanya internet, orang semakin mudah untuk mendapatkan uang tanpa modal yang besar. Salah satunya dengan berjualan di online shop.Pada era 4.0 ini banyak orang yang sudah meninggalkan cara tradisional untuk menjual produk ataupun jasa nya dengan memasarkan merchant mereka melalui dunia digital.
Cara untuk berbisnis online shop ini pun cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Untuk memulai bisnis online shop ini hal utama yang perlu diperhatikan tentu saja mencari produk ataupun jasa apa yang akan dijual.Ada banyak hal yang bisa dijual oleh pebisnis online shop yakni pakaian, sepatu, kosmetik, hingga produk rumahan sangat diminati oleh para konsumen.
Teknik pemasarannya pun tergolong sangat mudah. Para pemilik online shop bisa menjual melalui jejaring sosial seperti Instagram, Facebook, Website pribadi, maupun melalui aplikasi penjualan seperti Tokopedia, Shopee, Carousell, BukaLapak, BliBli, dan sebagai nya.


6. Freelancer

Freelancer adalah pekerja lepas ataupun seseorang yang bekerja sendiri tanpa terikat dan tidak berkomitmen pada suatu perusahaan jangka panjang.
Ada banyak macam pekerjaan freelancer, namun pada pembahasan ini saya akan membahas tentang freelancer dunia maya yakni penulis ataupun jasa pembuat artikel.
Banyak situs web yang tidak mempunyai waktu untuk menulis konten sehingga mereka mempekerjakan Freelancer untuk menuliskan konten web nya. Semua konten yang ditulis akan dimiliki oleh orang yang membayar. Untuk mendapatkan uang dari pekerjaan ini, freelancer bisa mematok harga yang diinginkan untuk menjual artikel mereka. Konten yang dibuat harus 100 persen original dan informatif.
Contohnya saja di situs web Upwork, anda bisa menghasilkan uang $5-$100 per artikel.Adapun situs web GetCraft yakni tempat para penulis freelance Indonesia.

 7. Influencer

Influencer adalah orang-orang yang mempunyai followers atau audience yang cukup banyak di social media dan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap followers mereka.Seperti : artis, selebgram, youtuber, blogger, dan lain sebagainya.
Kunci utama untuk menjadi influencer yaitu menjadi terkenal. Semakin terkenal semakin tinggi pendapatan yang bisa didapat dari pekerjaan menjadi influencer ini.
Umumnya para influencer akan mendapatkan uang dari hasil endorsement dan juga sponsporship. Hanya bermodal internet dan teknik marketing melalui foto dan video yang ditampilkan untuk promosi, influencer bisa menghasilkan uang ratusan ribu hingga jutaan sesuai dengan tarif yang ditentukan per posting.


8. Menjual Foto

Punya hobi fotografi dan suka berburu foto di alam dan lingkungan sekitar? Hanya bermodal handphone maupun lensa kamera, kalian bisa menghasilkan uang yang banyak di internet.
Para fotografer bisa menjual stock foto di situs web yang menawarkan stock foto seperti Shutterstock, IstockPhoto, Pixabay, dll. Dengan penggunaan Paypal sebagai sarana penyimpanan uang dari situs-situs tersebut sangat memungkinkan kalian mendapatkan uang dengan mudah dari internet.
Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mendapatkan foto yang bagus, berburu foto di alam Indonesia maupun tradisi setiap daerah di Indonesia pun memungkinkan anda untuk mengunggah foto.


9. Survei Berbayar

Survei berbayar atau survei insentif adalah sebuah tipe survei di mana partisipan/anggotanya diberikan hadiah atas jasa mereka setelah mengisi survei, biasanya dimasukkan ke dalam program undian ataupun hadiah poin yang dapat diuangkan.
Dalam survei online ini, perusahaan akan menanyakan opini ataupun pendapat anda mengenai produk maupun jasa mereka untuk  meningkatkan kinerja penjual. Situs survey online ini akan embayar anda dengan uang dollar, uang rupiah, pulsa, hingga poin yang bisa dikumpulkan untuk ditukarkan voucher dan sebagainya sesuai ketentuan penyedia layanan.
Situs Survey Online yang terbukti membayarkan responder yakni : Toluna, iPanel, Clixsense, YouGov, Global Test Market, PanelPlace, dsb.


10. Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah sebuah teknologi membuat mata uang digital atau virtual berbasis jaringa (internet). Dengan menggunakan sistem kriptografi untuk mengamankan dan memverifikasi setiap transaksi memungkinkan setiap pengguna nya melakukan traksaksi secara online.
Cryptocurrency yang paling terkenal dan banyak diminati saat ini adalah Bitcoin. Mata uang ini dikembangkan oleh orang Jepang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Bitcoin memungkinkan anda untuk metransfer nilai ke mana saja dengan cara yang sangat mudah serta kontrol penuh atas uang anda. Harga Bitcoin dapat naik atau turun secara tak terduga dalam waktu tertentu.
Sama seperti cara investasi atau trading, untuk mendapatkan uang dari cryptocurrency ini ada 2 cara sederhana paling dasar yakni :

  • Beli saat murah dan jual saat tinggi
  • Beli saat terlihat peluang naik dan jual saat harga lebih tinggi dari harga beli.

Saat ini sudah dikembangkan sebanyak 500an cryptocurrency yang bisa anda ikuti. Selain Bitcoin, anda juga bisa mencoba Ripple, Litecoin, Stellar, dsb.


11. SEO

SEO (Seach Engine Optimization) adalah usaha-usaha mengoptimasi website untuk mesin pencari agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian.Dengan kata lain, SEO menjadikan website anda yang terbaik saat pengguna memasukkan kata kunci yang diinginkan.
Lalu mengapa SEO itu penting?Manfat mengaplikasikan SEO yaitu :

  • Meningkatkan trafik / pengunjung blog atau website
  • Meningkatkan visibilitas suatu blog atau website di hasil pencarian (SERP)
  • Meningkatkan penghasilan (Google Adsense, Pop Under, CPA, dll)


12. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah sistem bisnis dengan membayar jasa seseorang ketika orang tersebut berhasil menjual produk ataupun jasa seorang merchant atau perusahaan melalui internet. Singkat cerita, anda akan mendapatkan komisi ketika orang membeli dengan nomer referensi ataupun tautan dari anda.
Berbeda dengan sistem reseller, sistem affiliate adalah sistem bisnis online dengan menjualkan produk atau jasa orang lain tanpa syarat apapun. Anda hanya diwajibkan mendaftar tanpa perlu membeli produk ataupun jasa yang akan ditawarkan. Komisi yang didapatkan pun tergantung kesepatakan yang ditawarkan perusahaan.
Untuk menghasilkan uang dari sistem affiliasi ini, anda bisa membagikan link dari produk ataupun jasa yang anda jual di website maupun blog anda maupun melalui tautan facebook dan instagram.
Contoh kerjasama affiliasi yang terkenal di Indonesia yaitu : Blibli, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dsb.


13. Menjual Ebook

E-book ataupun buku elektronik adalah suatu buku yang bentuknya digital atau elektronik yang memungkinkan penggunanya untuk membaca kapan saja dan di mana saja melalui perangkat elektronik seperti komputer, tablet, maupun smartphone.
Apabila anda mempunyai keahlian tertentu dan mau berbagi ilmu, anda bisa mencoba untuk membuat e-book dalam format PDF, TXT, HTML, XML, dan sebagainya. Ada banyak ide maupun gagasan yang bisa anda tuangkan ke dalam tulisan mengenai fitness, gaming, trading online, memasak, dan lainnya.
Tidak seperti buku pada umumnya, E-book ini bukan hanya informasi berupa teks maupun gambar, anda juga bisa memuat video dan audio sebagai pelengkap agar pembaca bisa memahami informasi atau materi dengan mudah.
Caranya pun cukup mudah, anda bisa memuat e-book anda ke dalam blog atau website anda agar bisa dibuka secara online. Ataupun anda bisa menjual e-book anda melalui situs : Amazon Kindle Direct Publish, Payhip, Blurb, GoTraining, dsb. 

14. Membuat Aplikasi

Membuat aplikasi mobile bukanlah hal yang mudah. Namun bila anda terfokus dalam programming untuk membuat aplikasi di AppStore maupun PlayStore, anda bisa memanfaatkan keahlian anda untuk menghasilkan uang dari aplikasi yang anda buat.
Ada begitu banyak aplikasi yang ditawarkan di Apple Apps Store dan Google Play Store yang bisa di-download oleh pengguna baik secara gratis maupun berbayar. Untuk membuat aplikasi ini, dibutuhkan orang maupun team khusus untuk bisa membangun aplikasi ini.
Contoh saja pendiri aplikasi Touchten milik anak bangsa bernama Anton Soeharyo. Developer game asal Indonesia ini bisa menghasilkan paling sedikit $10.000 per bulan dari 1 aplikasi game yang dibuatnya.


Kesimpulannya adalah ada begitu banyak cara untuk menghasilkan uang yang bisa kalian lakukan di mana saja dan kapan saja dengan bermodal internet. Jadi, tunggu apalagi? Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *